Melayani :
– Pemeriksaan Leher Rahim Metode IVA
– Pemeriksaan Payudara
– Pemeriksaan Lendir Servik (IMS)

Jadwal Pelayanan :
Hari Selasa dan Kamis Pukul 08.00 – 11.00 WIB

KANKER LEHER RAHIM

APA SIH KANKER LEHER RAHIM ITU ?

Kanker leher rahim disebut juga kanker servik. Yaitu kanker yang tumbuh di daerah leher rahim.

GEJALANYA?

Seperti juga kanker pada umumnya, kanker leher rahim sering tidak menimbulkan gejala pada tahap awal. Namun ternyata, kanker leher rahim telah menjadi pembunuh banyak wanita di dunia bersama kanker payudara. Kanker leher rahim bisa dideteksi secara dini sejak awal ketika leher rahim baru mengalami kerusakan ringan sebelum sampai pada kondisi kanker. Demikian juga dengan kanker payudara.

DETEKSI DINI KANKER LEHER RAHIM

Karena leher rahim berada di tempat yang sangat tersembunyi. Maka kita memerlukan bantuan orang lain untuk memeriksanya, yaitu dengan mengikuti IVA TEST bersama tenaga kesehatan yang terlatih.

IVA TEST ITU BAGAIMANA?

IVA TEST adalah salah satu cara deteksi dini kanker leher rahim dengan cara melihat secara langsung leher rahim setelah di oles cairan asam.
IVA TEST diperuntukkan bagi semua wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual.
Jangan kuatir, IVA TEST tidak menyakitkan. Ibu hanya perlu berbaring tenang.
Dan, tidak perlu malu, karena IVA TEST hanya akan dilakukan oleh dokter perempuan atau bidan. Tidak ada tenaga kesehatan laki-laki yang boleh masuk ke ruang pemeriksaan IVA.

DI MANA BISA PERIKSA IVA?

Pemeriksaan IVA bisa dilakukan di UPT Puskesmas Colomadu II setiap hari Selasa dan Kamis jam 8 pagi sampai selesai. Bagi yang mempunyai jaminan kesehatan baik BPJS, ASKES, KIS, JAMKESMAS bisa mengikuti pemeriksaan IVA secara gratis dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

HASIL PEMERIKSAAN IVA

Setelah selesai dilakukan IVA TEST, petugas akan menjelaskan hasil yang diperoleh. Hasilnya bisa IVA (-), IVA (+), dan atau CURIGA KANKER. IVA (-) atau NORMAL berarti kondisi leher rahim dalam keadaan sehat, tidak ada kelainan apapun. IVA (+) artinya sel-sel pada leher rahim mengalami perubahan yang beresiko terhadap timbulnya kanker leher rahim di suatu hari nanti. Sehingga diperlukan tindak lanjut agar resiko kanker bisa dicegah yaitu dengan menjalani KRIOTERAPI.

YUKK….IKUT IVA TEST!